Select Your Favourite
Category And Start Learning.

Profesi Desain Grafis: Tanggung Jawab, Prospek Kerja, dan Gaji

Siapa disini yang tertarik untuk terjun ke dunia desain? Selain tengah di gandrungi, ternyata beberapa prospek kerjanya menawarkan penghasilan yang menggiurkan, lho! Kira-kira apa saja ya prospek kerja seorang desainer grafis? Lalu berapa kisaran gaji desain grafis? Mari cari tau dengan membaca artikel ini.

Paket Kelas Istimewa Creativepreneur

creativepreneur

Yuk beli kelas-kelas creativepreneur untuk meningkatkan kreatifitasmu sehingga menjadi cuan!

Beli Sekarang!

Mengenal Profesi Desain Grafis 

Desainer grafis atau graphic designer merupakan pekerjaan yang hasil akhirnya berupa ilustrasi, fotografi, tipografi, hingga grafis motion. Pekerjaan ini dibutuhkan pada berbagai bidang industri baik cetak maupun elektronik.

Orang dengan profesi desainer grafis harus mampu menghasilkan konsep visual secara manual maupun digital menggunakan aplikasi. Bagi pemula mungkin membuat karya grafis memang tidak mudah. Tapi tak perlu khawatir, selain banyak tutorial di internet kamu juga bisa mengikuti kursus desain grafis yang disediakan oleh Pixel Ninja by Kuncie. 

bootcamp desain grafis

Seorang graphic designer juga bertanggung jawab mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual yang dapat menarik audience

Gaji Profesi Desain Grafis

MengutIp dari Lifepal.com, pendapatan seorang desainer grafis lumayan menggiurkan. Untuk Indonesia, pendapatan seorang yang bekerja sebagai graphic designer adalah sekitar Rp42 juta per tahun.  Atau sekitar Rp21 ribu per jam. 

Sedangkan menurut Id.indeed.com, rata-rata pendapatan dasar seorang desainer grafis di Indonesia berkisar dalam angka Rp3,7 juta per bulannya. 

Gimana? Tertarik untuk mendalami dunia desain grafis? Biar lebih paham, mari simak prospek kerja bidang desain grafis pada bagian selanjutnya.

Prospek Kerja Desain grafis

Nah, bagi kamu yang ingin tau apa saja prospek kerja seorang yang ingin berkarir di bidang desain grafis, berikut kami sudah rangkum berbagai profesinya!

  • Graphic Designer

Graphic designer bisa menjadi target utama para pegiat desain. Profesi yang satu ini ada di sebagian besar perusahaan industri kreatif. Seorang graphic designer biasanya dibutuhkan pada bidang agensi periklanan, perfilman, atau bahkan perusahaan video games. 

Tidak jarang juga seorang graphic designer bertugas untuk membuat logo, desain merchandise, banner, katalog, sticker, sesuai dengan spesialisasinya. Gaji seorang graphic designer berkisar antara Rp 3 juta per bulan tergantung jam kerjanya. 

  • Web Designer

Menjadi web designer menjadi prospek kerja pertama yang bisa dilirik oleh seorang yang telah mendalami desain grafis. Tanggung jawab seorang web designer adalah membuat website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. 

Cakupan kerjanya mulai dari desain visual hingga isi konten yang ada di dalam website tersebut. Rentang gaji yang didapatkan mudali dari Rp4 juta ke atas.

  • Visual Designer

Visual Designer sangat dibutuhkan dalam industri penerbitan dan percetakan. Selain menggarap kebutuhan visual, seorang visual designer juga bertanggung jawab sebagai pemegang kontrol kualitas hasil cetakan.

Untuk pendapatan seorang visual designer yang bekerja di perusahaan penerbitan atau percetakan adalah sekitar Rp 3 juta ke atas. 

  • Illustrator

Illustrator juga menjadi pekerjaan yang dicari belakangan ini. Bekerja menjadi seorang ilustrator, kamu akan berkutat dengan pembuatan gambar untuk berbagai keperluan. Mulai dari storyboard, iklan, dan sebagainya.

Pekerjaan tersebut biasanya dibutuhkan perusahaan penerbitan, production house, biro agensi iklan, dan bidang-bidang lainnya. 

Setidaknya kamu akan menerima sekitar Rp 4,5 juta perbulan bila berkecimpung dalam pekerjaan ini. 

  • Animator 

Berbagai produksi kartun membuat peluang kerja sebagai seorang animator semakin terbuka lebar. Bagi kamu yang mendalami dunia desain, menjadi seorang animator bisa menjadi opsi. 

Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini lumayan tinggi. Bila hasil karya animasinya semakin populer, maka semakin tinggi pula bayaran yang akan diterima. Paling tidak seorang animator di Indonesia menerima Rp 4 juta per bulannya. 

  • Creative Director 

Creative director menduduki posisi yang penting pada beberapa industri kreatif. Dalam menjalankan tugasnya, ia berperan sebagai pengarah konsep kreatif untuk sebuah proyek. 

Pekerjaan sebagai creative director biasanya banyak berkecimpun di duinia pertelevian dan periklanan. Untuk penghasilan yang didaptakna cukup beragam. Namun untuk profesi ini berada dalam rentang Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta untuk level professional.

  • Art Director

Biasanya banyak yang berkecimpung di dunia advertising. Tanggung jawab profesi ini adalah membuat konsep, ide, serta strategi pemasaran. Selain itu, art director juga bertanggung jawab untuk menerjemahkan teks dari copywriter ke dalam bentuk visual. 

Penghasilan seorang art director cukup menggiurkan, lho. Untuk level professional gajinya bisa sampai dua digit!

  • Freelance Designer

Ini menjadi opsi pekerjaan yang cocok untuk kamu yang kurang suka terikat pada suatu perusahaan saja. Tak sedikit desainer yang memilih menjadi freelancer karena jam kerja yang fleksibel.

Banyak pula perusahaan yang menggunakan jasa freelance designer untuk berbagai proyek guna menghemat budget.  Meski begitu, bukan berarti bayaran seorang freelance designer akan dibayar murah. Justru karena pekerjaan dilakukan oleh individu, maka bayarannya bisa melebihi gaji satu orang desainer pada suatu perusahaan. Menarik banget, kan?

  • Fotografer

Nggak sedikit orang yang menggeluti desain juga berbagai bidang fotografi. Terlebih, fotografi sejatinya masih termasuk ke dalam jenis desain. 

Menggunakan skill desain yang dimiliki, seorang fotografer bisa mengoptimalkan foto dengan melakukan pengeditan. Baisanya pengeditan ini menggunakna aplikasi Adobe Photoshop, Lightroom, dan sebagainya.

Gaji yang bisa kamu dapatkan bila berprofesi menjadi seorang fotografer adalah sekitar Rp 4 juta per projek. 

Selain itu, hasil foto juga bisa dijual ke beberapa website seperti Pexel, Shutterstock, dan Microstok. Bila terjual, fotomu akan dibayar dengan dollar!

  •  Videografer

Videografi merupakan teknik pendokumentasi momen yang menghasilkan gambar dan suara. Orang yang memproduksi video tersebut yang disebut sebagai seorang videografer. 

Pekerjaan videografer belakangan menjadi incaran anak muda. Pasalnya, hasilnya Youtube dan Tiktok membuat orang berlomba-lomba menghasilkan konten video yang berkualitas. 

Videografer banyak dibutuhkan di industri kreatif, industri hiburan, perfilman, hingga periklanan. Gaji yang ditawarkan untuk seorang videografer adalah sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta per bulannya. 

Gimana? Kamu tertarik membidik profesi mana dalam dunia desain? Apapun yang kamu pilih dari 10 profesi yang ada di atas, pastinya gajinya bisa menutupi kebutuhan hidupmu setiap bulannya atau bahkan lebih!

Namun, agar bisa mendapatkan profesi tersebut kamu harus memiliki skill desain yang mumpuni pula. Bila kamu tengah mencari kursus desain, kamu berada di laman yang tepat! Kelas desain grafis online oleh Pixel Ninja by Kuncie bisa jadi solusinya. 

Kamu bisa ikuti berbagai kelas desain dan didampingi oleh mentor yang berpengalaman. Didampingi langsung oleh mentor berpengalaman, tentunya kamu bisa belajar lebih banyak darinya. Cek kelasnya di sini!

ikutan bootcamp desain grafis disini

Leave a comment

Your email address will not be published.

Pendaftaran Ditutup

Maaf, pendaftaran event live webinar ini sudah ditutup.