fbpx

Bagi kamu yang kuliah di jurusan desain, sepertinya bermain-main dengan warna sudah menjadi makanan sehari-hari ya. Karena bisa dipastikan hampir semua tugas berhubungan dengan warna, utamanya tugas-tugas praktek. Misalnya saja, dulu ketika baru masuk kuliah ada tugas nirmana yang harus mencampurkan warna cat air atau jenis pewarna lain untuk mendapatkan warna yang diinginkan, sampai tugas-tugas yang menggunakan media digital.

Tentunya pemahaman warna yang baik akan sangat membantu kamu dalam mengerjakan tugas dari dosen, apalagi setiap warna memiliki maknanya masing-masing yang tentunya sangat berpengaruh dalam penerapannya tergantung dengan desain apa yang akan dibuat, untuk siapa desain dibuat, media apa yang akan digunakan, dan banyak lagi pertimbangan-pertimbangan lainnya dalam menentukan warna untuk sebuah proyek desain.

Tapi, bagaimana jika kamu adalah seorang yang buta warna? Bagaimana kamu menghadapi kuliah di jurusan desain?

Mungkin hal-hal dibawah ini yang akan kamu rasakan jika kamu jadi mahasiswa desain yang buta warna.

Mengandalkan Teman Untuk Konsultasi

Sumber gambar : https://goo.gl/Ys6dcP

Mulailah mencari teman dekat untuk selalu dijadikan “pegangan” ketika keadaan darurat (baca: deadline tugas). Jalin hubungan baik dengannya, tidak peduli cowok ataupun cewek, karena fungsinya akan sama yakni menjadi tempat kamu untuk selalu konsultasi masalah warna dalam mengerjakan setiap tugas dari dosen.

Akrab Dengan Google

Sumber gambar : google.com

Ya, inilah cara paling cepat dan sederhana yang bisa kamu andalkan setiap kesulitan menentukan warna untuk tugas desain yang diberikan dosen. Kamu hanya perlu membuka mbah google, mengetik warna yang kamu inginkan, lalu kamu bisa screenshot warnaya yang cocok, dan kamu tinggal buka di aplikasi favorit kamu untuk selanjutnya mengambil warnanya menggunakan fitur eyedropper tool.

Ejekan Dari Teman-Teman

Sumber gambar : https://goo.gl/36kQgi

Inilah yang mungkin akan kamu hadapi di kampus desain jika menderita buta warna. Ledekan dari teman-teman mu agaknya harus mulai terbiasa kamu dengar. Tapi tenang, ledekan dari teman-teman biasanya masih dalam taraf bercanda kok, tidak usah dibawa ke hati :). Satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah terus asah skill desain mu, dan tunjukkan kepada mereka bahwa kamu yang buta warna juga bisa membuat karya yang berkualitas, hehe.

Tidak Tenang Ketika Presentasi

Sumber gambar : https://goo.gl/i9T7uG

Mungkin ini saat-saat yang cukup menegangkan ketika kuliah. Ya, di momen seperti inilah kamu harus menjelaskan tugas yang sudah kamu kerjakan kepada dosen yang bersangkutan.

Sedangkan pengetahuan warna mu hanya mengandalkan dari google atau jawaban dari teman mu, yang mungkin kamu sendiri tidak betul-betul yakin dengan jawaban yang kamu punya


Gimana? mudah-mudahan artikel ini tidak menyurutkan niatmu untuk kuliah jurusan desain ya. Hehe.