fbpx

“Desain tidak melulu soal visual/tampilan”

Kamu pernah dengar perkataan diatas?

Ya, memang ada benarnya juga, karena dalam membuat sebuah desain tujuan utamanya adalah agar pesan yang dimaksud dapat tersampaikan dengan baik ke audience. Jika audience yang melihatnya dapat memahami pesan yang disampaikan, meskipun visualnya bisa dikatakan biasa saja, tidak terlalu sempurna, maka tetap bisa dikatakan desain tersebut berhasil.

Tapi, bukan berarti visual itu tidak penting. Coba bayangkan, jika kamu mendapat sebuah project desain yang bernilai mahal, lalu kamu sudah mengumpulkan banyak data, membuat konsep dengan baik dan matang. Tentu saja ngga butuh waktu sebentar membuat konsep yang baik dan berbobot.

Namun, ketika mulai meng-eksekusinya kamu bingung menerapkan konsepnya, karena kamu tidak mengerti tools-tools pada software desain, sehingga kamu akan kebingungan tools apa saja yang harus digunakan untuk merealisasikan ide kamu dalam bentuk visual.

Akhirnya, dengan ekspektasi awal yang tinggi, bisa menjadi sirna begitu saja ketika hasil akhir desainnya tidak sebagus konsep awalnya.

Sayang banget bukan?


Jadi ngga ada salahnya kamu belajar menguasai software desain, karena sama pentingnya dengan membuat konsep sebuah desain.

Kalau saya boleh kasih saran, salah satu software yang sebaiknya kamu kuasai adalah Adobe Illustrator, karena merupakan standar di industri desain yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia.