Select Your Favourite
Category And Start Learning.

Kenal Lebih Dekat Dengan Jurusan DKV di Indonesia

Mengenal Jurusan DKV

DKV atau Desain Komunikasi Visual merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual atau rupa untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. 

Paket Kelas Istimewa Creativepreneur

creativepreneur

Yuk beli kelas-kelas creativepreneur untuk meningkatkan kreatifitasmu sehingga menjadi cuan!

Beli Sekarang!

Bisanya tujuan tersebut untuk memuat informasi ataupun tujuan persuasi atau dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku. 

Berbeda dengan seni murni, dalam hal ini desain grafis hasil akhirnya tidak memuat ungkapan ekspresi sang seniman. Hasil karya akhir desain grafis menekankan konsep serta tujuan-tujuan yang ditujukan kepada khalayak atau audience.

bootcamp desain grafis

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan DKV?

Jika mengambil jurusan DKV, pada semester awal mahasiswa terlebih dahulu diperkenalkan hal-hal mendasar tentang seni rupa dan desain. Memasuki semester 3 dan 4, mata kuliah yang ditawarkan mulai mengerucut dan fokus ke arah desain, seperti tipografi, ilustrasi, dan juga fotografi.

Mata kuliah pada semester 4 dan 5 diantaranya Animasi, Bahasa Rupa, Tinjauan Desain, Pengenalan Estetika Visual, DKV Aplikasi, Fotografi Aplikasi, Psikologis Visual, Tinjauan Desain, dan Pengenalan Estetika Visual.

Pada semester selanjutnya pembelajaran akan lebih ditekankan pada penggunaan desain secara aplikatif. Seperti untuk menyampaikan informasi ke masyarakat secara visual, iklan produk,hingga pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan visual di berbagai bidang industri. 

Sedangkan pada semester lebih lanjut, mata kuliah yang ditawarkan diantaranya Desain, Masyarakat, dan Lingkungan, Desain, Media, dan Budaya, Manajemen DKV, pengenalan Industri Kreatif, dan lainnya. 

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan DKV Terbaik

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menjadi salah satu kampus yang memiliki standar penerimaan mahasiswa DKV yang cukup ketat. Kuotanya hanya sebesar 150 mahasiswa per tahunnya. 

Agar bisa lolisa, kamu harus menempuh beberapa tahapan tes. Pertama menggambar dengan tema yang telah ditentukan. Setelah lolos, kamu bukan berarti langsung bisa masuk ke jurusan FSRD. 

Kamu harus melewati tes kedua, untuk menentukan diizinkan atau tidaknya kamu masuk ke jurusan tersebut. 

  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

ITS baru memutuskan untuk membuka jurusan DKV pada tahun 2018. Eits, meskipun begitu sejatinya jurusan DKV tidak terlalu baru. Sebelumnya, jurusan DKV adalah program studi peminatan di Jurusan Desain Produk Industri.

Lulusan DKV Universitas ini bisa berkarir menjadi layouter, illustrator, dan lainnya. Terlebih lagi, di era pandemi seperti ini pekerjaan online seorang lulusan DKV seperti menjadi freelancer menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. 

  • Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Digadang-gadang menjadi salah satu universitas swasta yang memberikan pelajaran di jurusan desain grafis terbaik di Indonesia. 

Secara umum, di jurusan DKV IKJ akan diperkenalkan mengenai komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, multimedia, dan mata kuliah yang relevan lainnya. 

Diharapkan lulusan DKV IKJ  dapat menjadi seniman yang lebih peka terhadap seni grafis dan visual yang bisa dikembangkan untuk video maupun iklan berbayar. 

  • Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan DKV di UNS berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain. Masuk jurusan ini kamu akan belajar tentang ilustrasi, animasi, estetika, filsafat seni, dan mata kuliah lainnya.

Kebanyakan alumni DKV UNS berkarir sebagai fotografer, animator, video director, hingga web designer.

  • Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 

ISI menjadi salah satu opsi yang tepat bila kau ingin berkuliah di jurusan DKV. Sesuai dengan namanya, institut ini menjadi rujukan untuk orang-orang yang ingin mendalami seni. Dimana jurusannya berfokus pada kesenian meliputi teater, musik drama, dan sebagainya. 

  • Universitas Bina Nusantara

Jangan terlalu cepat mematikan sentimen universitas yang satu ini dengan “biaya kuliah yang mahal”. Meskipun memang biaya kuliahnya lumayan mahal, pastnya universitas ini memberikan pembelajaran dan fasilitas yang mumpuni pula. Terlebih untuk jurusan DKV. 

Universitas Bina Nusantara ini bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan formal di jurusan DKV.

  • Universitas Negeri Malang (UNM)

Walaupun belum terlalu populer di UNM, jurusan DKV sudah mendapat akreditas A lho di universitas ini! Jurusan ini juga sudah dibuka sejak lama, yakni pada tahun 2000 silam. Wow, sudah menginjak 22 tahun, ya!

Berada dibawah Fakultas Sastra, jurusan DKV hanya membuka sebanyak 42 bangku untuk mahasiswa setiap angkatannya. Tidak hanya belajar mendalam segala hal tentang desain grafis, tetapi pada jurusan DKV UNM juga kaan diajarkan dasar-dasar komunikasi periklanan hingga kewirausahaan. 

  • Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH juga terkenal akan kualitasnya yang mumpuni dalam memberikan pengajaran pada jurusan DKV. Fasilitas pembelajaran untuk jurusan DKV di UPH tidak perlu diragukan lagi. UPH dilengkapi dengan berbagai studio serta laboratorium penunjang aktivitas pembelajaran.

Selain itu, DKV di UPH juga menerapkan konsep interdisciplinary. Dimana pembelajaran memadukan berbagai ilmu di seluruh mata kuliah dan menekankan pada setiap proses pembelajaran dibanding hasil akhir karya. 

  • Telkom University

Nah, kalau di kampus yang lebih sering disapa dengan “Tel-U” memiliki jurusan DKV yang cukup berbeda dengan kampus lainnya. Di Tel-U, jurusan DKV merupakan gabungan dari dua ilmu, yaitu ilmu desain grafis dan ilmu manajemen. 

Jadi, tidak hanya menguasai tentang desain grafis, tetapi lulusan DKV Tel-U juga menguasai manajemen pekerjaan. Tentunya hal tersebut ditujukan untuk bisa menghasilkan lulusan yang berkompetensi, berkapabilitas, serata cakap dalam hal yang didalami. 

  •  Universitas Negeri Makassar

Kurikulum DKV di universitas Negeri Makassar dirancang menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, setaya ilmu seni yang berbasis kebutuhan berbagai pihak. Jurusan DKV di Universitas Negeri Makassar bisa banget kamu jadikan opsi!

Harapannya, lulusan DKV Universitas Makassar memiliki kompetensi akademik dan kompetensi profesional di bidang Ilmu Desain Komunikasi Visual secara seimbang. 

Prospek Kerja Jurusan DKV

Prospek kerja di Jurusan DKV bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya, di zaman digital seperti sekarang skill desain grafis lagi booming dan dibutuhkan hampir di semua bidang. 

Tak sedikit lulusan jurusan DKV berkarir menjadi seorang graphic designer, lho! Nggak heran juga, ini dikarenakan posisi yang satu ini ada di sebagian besar perusahaan industri kreatif. Seorang graphic designer biasanya dibutuhkan pada bidang agensi periklanan, perfilman, atau bahkan perusahaan video games. 

Tidak hanya menjadi seorang grafis desainer, prospek kerja lulusan DKV terbuka luas mulai dari  animator, illustrator, fotografer, web desainer, dan pekerjaan relevan lainnya.  Kamu bisa simak lebih lengkapnya di artikel ini!

Punya pendidikan formal memang akan menambah pengetahuan di bidang desain. Namun, kamu yang belajar secara informal juga bisa bersaing di dunia per-desain-an, lho! 

Di zaman serba canggih seperti sekarang, kamu bisa belajar apa saja asal terkoneksi internet, salah satunya di Pixel Ninja by Kuncie. Nggak usah minder, semua bisa jadi desainer! Tinggal pilih kelas yang sesuai dengan minatmu, kamu tingkatkan skill desainmu dengan Pixel Ninja!

ikutan bootcamp desain grafis disini

Leave a comment

Your email address will not be published.

Pendaftaran Ditutup

Maaf, pendaftaran event live webinar ini sudah ditutup.