fbpx

Jika mendengar jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) biasanya yang akan dipikirkan orang adalah kuliah S1. Padahal saat ini di jenjang SMK pun sudah ada jurusan DKV, dan semakin berkembang setiap tahunnya.

Sehingga teman-teman yang punya minat dengan dunia desain grafis sudah bisa belajar secara formal sejak jenjang SMK, tanpa harus menunggu lulus SMA untuk lanjut kuliah.

Nah, mungkin teman-teman disini masih bingung kelebihannya SMK dibanding dengan kuliah jurusan DKV itu apa ya?

Simak jawabannya dibawah ini ya,

Fokus pada keahlian

Sumber gambar : https://goo.gl/ERnqKQ

Karena memang SMK tujuan utamanya adalah agar siswanya bisa cepat bekerja setelah lulus, maka penekanan materi pembelajaran lebih kepada keahlian teknis, yaitu membuat sebuah karya desain.

Meskipun mungkin tetap diajarkan juga teori desainnya, tapi tidak sebanyak dan serumit mahasiswa yang kuliah di jurusan DKV.

Di jenjang SMK ini biasanya akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dll. Tentunya software yang digunakan di setiap SMK mungkin bisa saja berbeda.

Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.

Nah, inilah yang jadi salah satu kelebihan siswa SMA jurusan DKV, dibanding mahasiswa S1. Karena mereka lebih familiar dengan software desain dan menguasainya dengan baik, walaupun belum tentu ilmu/teori desainnya mereka pahami.

Ya setidaknya, dengan skill mereka yang cukup mumpuni dalam hal penguasaan software, membuat mereka lebih mudah mencari kerja ketika lulus SMK, karena ilmunya bisa mereka aplikasikan langsung.

Tapi, bukan berarti semua siswa SMK tidak memiliki pengetahuan/teori desain yang baik, karena itu semua kembali lagi kepada sekolah SMK tempat kamu belajar (bagaimana mereka menyusun kurikulum, dll) dan usaha kamu untuk banyak mencari ilmu desain diluar sekolah, juga sangat menentukan hasil desain yang kamu buat nantinya.

Jadi, buat kamu anak SMK, jangan cepat puas kalo udah punya banyak skill software nya, tetap banyak baca dan haus akan ilmu desain.

Kalo kamu mau lanjut kuliah DKV juga bisa kok, semangat ya 🙂