fbpx

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi desain yang satu ini? Adobe Photoshop menjadi aplikasi yang paling populer dalam dunia desain. Aplikasi ini sudah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. 

Pada artikel ini kita akan kupas tuntas kelebihan dan kekurangan aplikasi desain yang satu ini Namun sebelum lebih jauh, mari simak penjelasan mengenai apa itu photoshop terlebih dahulu.

Apa Itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop merupakan aplikasi desain foto, editing, dan desain grafis profesional. Menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mengedit foto menjadi foto yang memukau, kreasi seni, melakukan manipulasi foto, dan lainnya. 

Banyak profesi menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi penunjang pekerjaan. Mulai dari fotografer, pengebang web, pelaku bisnis online, dan tentunya orang-orang yang bekerja sebagai desainer kreatif. 

Kelebihan Adobe Photoshop

Tidak ada keraguan bila Photoshop merupakan salah satu aplikasi desain terbaik yang berada di pasaran. Berikut merupakan keunggulan yang paling menonjol dari Photoshop:

  • Salah satu aplikasi pengeditan yang paling profesional

Photoshop menjadi salah satu perangkat lunak pengeditan yang paling profesional yang tersedia hingga saat ini. Dari tools basic hingga tool yang dibutuhkan profesional, perangkat lunak ini menyediakan apapun tools yang diperlukan. 

Hal inilah yang membuat software ini mempu mengolah berbagai desain muali di tingkat yang paling mudah hingga desain kelas profesional.

  • Mendukung hampir semua format gambar

Pengguna dapat mengedit hampir semua format gambar menggunakan aplikasi ini. Meskipun ada beberapa format yang belum didukung, ada plugin yang tersedia sehingga masih akan tetap bisa kompatibel. 

Jadi tak perlu khawatir, kamu tetap bisa mengedit dan mengkonversi gambar dengan format apapun menggunakan software ini.

  • Tersedia di berbagai platform

Selain bisa mendukung semua format gambar, Adobe Photoshop tersedia hampir di seluruh platform, Beberapa diantaranya mulai dari Window, macOS, Android, iOS, iPad OS, dan lainnya. 

Jadi apapun sistem operasi yang kamu penggunakna, pasti akan bisa menginstall Photoshop meskipun ada perbedaan interface berdasarkan sistem operasi yang digunakan, tetapi tidak akna mengulangi kelengkapan tools yang ditawarkan. 

Perlu diperhatikan juga, untuk Photoshop versi android dan iOS mungkin tools yg disediakan tidak selengkap pada PC atau  pada Mac OS.

  • Bisa editing GIF dan video

Meskipun Adobe Photoshop banyak digunakan untuk pengolahan desain berbasis gambar, ternyata aplikasi ini juga dapat digunakan untuk beberapa pengeditan video dan GIF walaupun basic. 

Walaupun belum menawarkan fitur yang lengkap untuk mengedit video, namun dengan fitur basic tersebut tentunya sudah menjadi nilai plus untuk sebuah aplikasi desain gambar. 

  • Menghemat waktu

Dengan banyaknya tools yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu in, tentunya akan semakin menghemat waktu pengguna dalam melakukan pengolahan desain. Ibaratnya, berbagai tindakan desain dapat dilakukan dalam satu aplikasi. 

Dalam artian, kamu bisa melakukannya hanya dengan satu aplikasi. Tanpa harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Akan sangat membantu dan menghemat waktu bukan?

Kekurangan Adobe Photoshop

Kita semua mungkin setuju dengan kelebihan Photoshop yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan aplikasi yang satu ini. Berikut Penjelasan lebih lengkap mengenai kekurangan aplikasi Photoshop:

  • Merupakan aplikasi berbayar

Sayangnya, Adobe Photoshop merupakan aplikasi berbayar. Pengguna harus membayar sekitar $10 setiap bulannya untuk berlangganan. 

Bagi kamu yang masih pemula dan belum paham betul cara menggunakannya, mungkin harga tersebut agak memberatkan. 

  • Sistem langganan yang cukup menguras kantong

Selain merupakan aplikasi berbayar, sistem langganan untuk aplikasi ini juga cukup menguras kantong. Sebab, mereka tidak memberikan opsi untuk pembayaran sekali jalan. Dalam artian, kamu harus memilih berlangganan atau subscribe langsung secara bulanan atau tahunan. Kebijakan tersebut pastinya akan memberatkan beberapa pihak. 

  • Grafik vektor pada Photoshop masih harus dikembangkan

Kompatibilitas grafik vektor pada Photoshop masih belum terlalu bagus. Meskipun bisa menggunakan plugin tambahan, pengguna mungkin masih tidak dapat mengedit semua vektor.

Bagi kamu yang bekerja menghandle situs web, mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk mengedit dan membuat format seperti SVG. Dari Itu, fitur pengolahan vektor di aplikasi ini masih harus diekembangkan. 

  • Masalah performance

Bagi pengguna yang menggunakan PC dengan spesifikasi dan penegakan rata-rata, mungkin tidak akan menemukan permasalah performance aplikasi kecuali saat melakukan render beberapa desain dengan kualitas yang tinggi.

Nah, bagi kamu yang menggunakan PC dengan spek terbatas, sangat berpotensi untuk mengalami kelambatan aplikasi yang cukup ekstrim baik saat merender gambar atau grafik kecil sekalipun.

  • Membingungkan bagi pemula 

Kelengkapan fitur yang ditawarkan oleh Adobe Photoshop ternyata tidak hanya menjadi keunggulan, tetapi juga menjadi kekurangan. Meski dirancang untuk bisa digunakan bagi seluruh pengguna, bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman mengedit ataupun mendesain sesuatu pasti akan merasa agak sulit menggunakan Photoshop. 

Terutama untuk fitur toolset. Saking banyaknya fungsi yang tersedia malahan jadi membuat bingung pengguna pemula. 

Bila ingin mendalami dan andal menggunakan Adobe Photoshop, kamu sarankan untuk belajar dengan seorang pembimbing atau mengikuti kursus agar pembelajaran lebih terstruktur. 

Kamu bisa belajar dan kupas tuntas semua tentang Adobe Photoshop di kelas Digital Imaging with Adobe Photoshop oleh Pixel Ninja by Kuncie. Didampingi mentor yang berpengalaman di bidangnya, kamu akan dapat menggali lebih banyak pengetahuan. 

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan mentor melalui grup Telegram. Pastinya di kelas ini kamu tidak hanya diajarkan materi, tetapi juga lengkap dengan prakteknya. Yuk, gabung di kelas ini sekarang juga!

Itulah 10 kelebihan dan kekurang Aplikasi Adobe Photoshop. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan mengusir kebingungan kamu. Pelajari juga software desain grafis lain seperti Affinity Designer, Inkscape, Pixellab dan ikuti kelasnya hanya di Pixel Ninja!