fbpx

Halo teman-teman, kali ini saya mau ambil bahan pembicaraan yang mungkin agak sensitif, hehe. Pasti kalian pernah lihat atau bahkan sering dengar teriakan dari para desainer yang ingin karyanya dihargai (dibayar mahal).

Sudah sejak lama para desainer sering merasa jerih payahnya dalam membuat sebuah mahakarya desain hanya dibayar murah. Sedangkan, sebagian besar mereka sudah meluangkan uang & waktu banyak dalam menyelesaikan pendidikannya.

Dalam membuat sebuah karya desain, mereka terkadang harus memikirkan ide yang out of the box, membuat konsep yang rumit, sampai mengorbankan kesehatan karena kelamaan duduk di kursi, dan mata yang terus menatap layar komputer

Suara-suara para desainer tersebut sering mereka ekspresikan sendiri dengan membuat banyak meme yang mungkin sudah sering berseliweran di timeline sosial media kamu.

Seperti ini contohnya,

Sumber gambar : https://goo.gl/kgPJVX

Gambar-gambar meme diatas tidak ada yang salah, bagi semua desainer rasa-rasanya ini memang benar.

Namun, ironisnya hanya segelintir desainer saja yang menggunakan/membeli software asli untuk mereka gunakan sehari-hari dalam mendapatkan uang.

Sebetulnya mungkin masih tidak mengapa kalo digunakan hanya untuk latihan meningkatkan kemampuan saja.

Tetapi dari pengamatan saya, tidak sedikit juga desainer yang memakaisoftware bajakan untuk cari uang. Bahkan, sekarang semakin mudah mencari software bajakan dengan hanya perlu googling software yang mereka inginkan, tinggal download dan cari crack-an, serial number, dll. Apapun mereka lakukan asal bisa mendapatkan software tersebut secara gratis.

Sumber gambar : https://goo.gl/Ku8Pio

Gambar-gambar meme diatas menjadi tidak ada artinya lagi. Di satu sisi, desainer ingin mendapat harga/bayaran yang setimpal dengan jerih payah mereka berkarya, tapi di sisi lain mereka juga tidak menghargai kerja keras para developer yang sudah susah payah membuat software desain.

Para desainer harusnya malu, membuka jasa desain hanya dengan berbekal software bajakan, apalagi dengan meminta bayaran yang mahal pula.

Bagaimana desainer mau dibayar mahal, kalo mereka saja tidak menghargai orang yang membuat software?

“Aduh, software desain kan mahal bro”. Selama kamu belum mampu membeli software yang asli, coba beralih dulu ke software open source, seperti Blender, Inkscape, dll.

Mulailah menghargai orang lain jika ingin dihargai 🙂