fbpx

Bagi sebagian orang merancang dan membuat logo merupakan hal sulit. Padahal jika kamu sudah mengetahui basic dan tekniknya, membuat logo bukan merupakan hal yang sulit. 

Logo merupakan elemen penting dalam bisnis, karena mewakilkan sebuah brand. Logo yang baik akan memberi kesan pada yang melihatnya. Bahkan logo mampu merepresentasikan ciri khas, kualitas, segmentasi pasar, dan mampu menggambarkan karakter perusahaan. 

Kebutuhan akan logo kini juga merambah UMKM, bahkan perorangan.Tentunya ini menjadi peluang bagi designer logo. 

Bagi pemula, mungkin membuat logo merupakan hal yang cukup rumit. Untuk itu, simak artikel ini agar kamu mengetahui tips mendesain dan cara membuat logo.

  • Pahami Karakter Logo Produk 

Sebelum membuat logo, kamu harus memiliki gambaran atau rancangan logo yang akan dibuat. Logo bukan sekadar icon ataupu gambar biasa. Melainkan, merupakan sebuah bentuk identitas khusus sebuah merek yang akan diedarkan di pasaran. 

  1. Logo harus sederhana: tujuannya agar dapat mudah dikenal, diingat, dan membekas di pikiran customer. 
  2. Logo harus harus merepresentasikan brand atau merek yang dibuat.
  3. Logo harus sesuai dengan tujuan brand yang akan dibangun. 
  • Mencari Referensi dan Inspirasi

Hal ini menjadi langkah yang wajib dilakukan agar proses pembuatan logo yang akan dibuat lebih mudah. 

Dengan mencari referensi dan inspirasi logo yang menarik kamu bisa mengetahui logo seperti apa yang baik dari berbagai brand. 

  • Lakukan Brainstorming

Sering kali kita sudah merasa pas dengan ide logo yang dirancang, namun bagi beberapa orang ini bisa saja masih ada kurangnya. Dari itu melakukan brainstorming atau curah pendapat akan membantu membuat logo yang kamu rancang semakin brilian. 

  • Jangan Lupa, Logo Harus Unik!

Pastinya kita berharap logo kita dapat diingat dengan mudah oleh customer ataupun audience. Dari itu logo yang kamu dirancang haruslah unik. 

Logo yang biasa saja dan cenderung plain akan mudah dilupakan oleh para customer. Sedangkan logo yang unik akan lebih mudah melekat di dalam pikiran calon pelanggan. 

  • Temukan Software yang Tepat

Sebelum tahap pengolahan desain logo secara digital, kamu harus menemukan software atau aplikasi yang pas. Software yang tepat akan memaksimalkan hasil akhir desain serta memberikan efisiensi waktu pengerjaan.

Beberapa aplikasi desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo diantaranya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, Canva, dan lainnya. Simak berbagai aplikasi desain terbaik di sini!

Bila sudah mengetahui konsep dasar logo, masuk ke tahap pemrosesan logo secara digital. Membuat logo dengan gratis bukanlah hal yang tidak mungkin. 

Berikut merupakan tools yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk membuat logo!

  • Hatchful by Shopify

Watchful memberikan fitur yang lebih lengkap ketimbang tools gratis lainnya. Menggunakan Hatchful kamu bisa membuat logo dengan berbagai format untuk berbagai platform seperti Instagram, Website, YouTube, Facebook, dan lainnya.

  • Fiverr Logo Maker

Fiver bukan hanya sekedar platform untuk kerja freelance, lho! Ternyata kamu juga bisa menggunakan Fiverr Logo Maker untuk mengolah desain logo.

Kelebihan menggunakan Fiverr Logo Maker untuk mengolah desain logo adalah toolsnya yang berbasi AI sehingga mempermudah proses pendesainan. 

  • Wix Logo Maker

Kebanyak orang mengetahui Wix sebagai website builder yang sangat mudah untuk digunakan. Disamping itu, Wix juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kebutuhan logo, lho.

  • Jimdo Logo Creator

Selain bisa membuat blog, website, atau bahkan online shop dengan Jimdo, kamu juga bisa membuat logo secara online dan gratis. 

Jimdo juga menungkinkan penggunakna untuk melakukan pengolahan desain loo yang bisa digunakan di berbagai platform.

Jimdo juga dapat digunakan dengan mudah bagi pemula. Setelah dibuat, kamu juga dapat mengunduh logo dalam format .jpg secara gratis. 

  • Logaster

Logaster menawarkan tools yang lebih lenggak sebagai sebuah tools logo maker online. Software yang satu ini juga dinilai lebih user-friendly. Jadi, tools ini cocok digunakan untuk pemula. 

Bila bisa menggunakan tools-nya dengan baik, makan logo yang dihasilkan akan terlihat sangat professional. 

Membuat logo memang memerlukan berbagai hal dan persiapan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana eksekusi dan kemampuan untuk merealisasikan logo yang sudah dirancang melalui berbagai software. 

Di artikel ini kamu sudah mengetahui tahapan pembuatan logo honda tools gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengolahnya. Tapi tak cukup sampai di sini. Bila kamu ingin belajar lebih dalam tentang logo, alangkah lebih baiknya bila kamu langsung belajar dari ahlinya. 

Pixel Ninja by Kuncie menyediakan kelas Logo Design Mastery yang kanan memberikan kamu pemahaman yang lebih mengenai logo. 

Jadi, buat kamu yang ingin sekedar belajar atau serius menekuni logo, tidak ada salahnya kamu mulai belajar dari sekarang. Yuk, ikut kelas ini!