fbpx

Berpikir kreatif adalah satu dari banyak kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan pikiran kreatif, kamu bisa mengerjakan tugas dengan lebih mudah serta menghasilkan ide-ide yang out of the box. 

Dengan kreativitas kamu berpeluan menangkap lebih banyak kesempatan dan keuntungan. Sebaliknya, tanpa kreativitas kamu akan sulit untuk menyelesaikan suatu pekerjaan ataupun menembangkan usaha. Lebih rinci nya, mari kita simak bagian yang akan membuatmu semakin paham betapa pentingnya berpikir kreatif.

Manfaat Berpikir Kreatif

Apakah creative thinking atau berpikir kreatif dibutuhkan dalam dunia kerja? Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, jawabannya adalah ‘ya’. Berikut uraiannya:

  • Mampu Menghandle Segala Situasi

Dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah tau rintangan apa yang akan menghadang.

Beberapa permasalahan tidak bisa dipecahkan dengan cara yang biasa. Disinilah kemampuan untuk berpikir kreatif diperlukan agar dapat menemukan solusi baru yang efektif. 

  • Mendorong Kesuksesan

Bila kamu tengah merintis usaha, ide kreatif sangat bisa membantumu untuk dapat meraih kesuksesan. 

Berbagai ide dan gagasan baru dalam mengembangkan bisnis akan muncul bila kamu terus mengasah kreativitas!

  • Membuat Bahagia dan Menebar Semangat

Orang-orang yang berpikir kreatif akan bisa memecahkan berbagai masalah sehingga menjadi seorang yang solutif. Akibatnya, ia tidak akan khawatir dan tertekan bila dihadapkan dengan berbagai permasalahan. 

Para pemikir kreatif mampu menikmati hidup mereka dan jauh dari stress. Maka, jangan heran bila ada orang-orang yang selalu terlihat bahagia. Bisa saja dia merupakan seorang yang kreatif. 

Orang-orang seperti biasanya selalu berpkir positif dan menebar semangat pada orang-orang yang ditemuinya. 

Beberapa orang memang sudah terlahir dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Tetapi, bagi kamu yang merasa kurang memiliki jiwa kreatif, jangan berkecil hati. Sebenarnya, kreativitas itu bisa dilatih. 

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir kreatif!

Cara Meningkatkan Kreativitas Berpikir

  • Membaca Buku

Bak kata pepatah ‘buku adalah gudang ilmu’. Kamu bisa belajar apa saja dengan membaca buku. Setiap membaca buku, membantu kamu menempatkan diri di sudut pandang yang berbeda melalui karakter di dalamnya.

Orang-orang yang senang membaca buku cenderung memiliki pikiran yang lebih terbuka dan kreatif. 

Membaca adalah sebuah pintu yang dapat mengantarkan kamu ke dunia baru sehingga dapat menalith otak untuk berpikir kreatif. 

  • Menonton Film

Selain membaca buku, untuk melatih kreativitas otak bisa pula dengan menonton film. Menierbagai film dengan genre romantis, action, science fiction, dan sebagainya membantu kamu meningkatkan kualitas berfikir.

Sarannya, pilihlah film yang berkualitas. Dengan memilih film yang berkualitas mendorong kamu ikut berpikir selama menonton. Tak jarang pula kamu akan mendapatkan ide menarik ketika kamu menonton film. 

Orang yang senang menulis biasanya juga memiliki ide dan kreativitas yang tinggi. Dari itu, membiasakan menulis bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas. Semakin sering menulis, kamu melatih otak untuk berpikir serta berimajinasi.

Untuk kamu yang tidak terbiasa, mungkin menulis setiap hari akan terasa sulit. Tetapi kamu tidak dituntut untuk menulis satu novel, kok. Cukup tulis 300-500 kata setiap harinya. Dengan menulis, kamu dapat tetap terinspirasi dan membaca pikiranmu aktif setiap saat. 

  • Relaksasi Pikiran

Siapa yang tidak suka berlibur? Yap, liburan merupakan salah satu cara untuk merelaksasi pikiran. Penelitian juga mengatakan bahwa dengan berlibur, apalai ke darah yang memiliki budaya yang berbeda, kemampuan berpikir kreatif akan meningkat. 

Berlibur ke daerah dengan budaya yang berbeda tentunya akan memperkaya wawasan tentang budaya tersebut. Ini secara tidak langsung melatih diri untuk berpikir bagaimana cara untuk tetap survive di lingkungan tersebut.

Relaksasi pikiran tidak hanya dengan berlibur ke tempat-tempat baru. Relaksasi pikiran juga bisa dilakukan dengan memberikan otak jeda untuk berpikir.

Otak yang dipaksa untuk berpikir dan melahirkan ide-ide cenderung akan buntu. Dari itu, memberi jeda dan merilekskan pikiran penting dalam proses kreatif.

  • Memulai Sesuatu yang Baru

Ide kreatif yang out of the box bisa muncul bila kamu mencoba hal-hal baru yang sebelumnya benar-benar belum pernah kamu coba.

Mulailah coba hal baru, apa saja itu. Misal mencoba jenis makanan baru, membaca buku dengan genre yang belum pernah kamu baca, mengikuti seminar online atau menonton film dan mendengarkan musik.

Dengan menikmati sesuatu yang baru, wawasanmu semakin bertambah dan sangat memungkinkan untuk menemukan ide-ide kreatif yang cemerlang.

  • Membangun Koneksi

Selain dari buku dan film, kamu juga bisa menambah wawasan dan mendapatkan banyak inspirasi dari orang-orang sekitar. Terlebih bila kamu bergaul dengan orang-orang kreatif. 

Membanun konenksi dan beriteraksi dnegan banyak orang kamu akan melihat perspektif mereka. Mulai dari kebiasaan baik yang diterapkan, hingga bagaimana mereka memecahkan sebuah permasalahan. 

  • Berpikir Positif

Berpikir positif ternyata juga sangat mempengaruhi cara kerja otak. Sebisa mungkin menjauhlah dari pikiran-pikiran negatif. Sebab, saat berpikir negatif kamu juga turut membentuk persepsi yang negatif pula.

Seringkali pikiran negatif menghambat proses-proses kreatif dan ide-ide out of the box. Dari itu, bila kamu ingin meningkatkan kreativitas jauhkan diri dari pikiran negatif, ya!

Itulah beberapa upaya yang bisa kamu lakukan  dalam meningkatkan otak untuk dapat berpikir kreatif. Tak hanya membantu dalam dunia kerja creative thinking juga menjadi skill yang cukup penting dalam kehiudpa sehari-hari. 

Terlebih bila kemampuan berpikir kreatif tersebut dibarengi dengan salah satu skill yang kamu dalami dan senangi. Kolaborasi diantaranya akan membuat kamu semakin berkembang dan meraih kesuksesan! 

Bila kamu belum menemukan skill yang ingin kamu dalami, jangan khawatir. Kamu bisa eksplorasi pengetahuan tersebut dengan mengikuti berbagai kelas di Pixel Ninja. Jelajahi banyak kelas di Kuncie di sini!