fbpx

Kini, permintaan untuk konten audio visual berkualitas tinggi terus meningkat. Selaras dengan itu tentunya kebutuhan orang yang ahli dalam editing video juga dibutuhkan. Kamu tertarik untuk jadi salah satunya? Kenali salah satu aplikasi yang paling populer dalam dunia editing video di artikel ini!

Mengenal Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah salah satu aplikasi pengeditan video. Video yang dimaksudkan termasuk untuk film, TV, dan video-video untuk kebutuhan web dan media sosial. Berikut sejarah singkat tentang Adobe Premiere Pro.

Awal rilis, Adobe Premiere dirilis tanpa kata ’Pro’, hanya sebagai Premiere. Pertama kali diperkenalkan pada 1991 dan hanya bisa beroperasi pada sistem Mac. kala itu, Adobe Premiere menjadi salah satu sistem pengeditan non-linear berbasis komputer pertama. 

Adobe Premiere Pro diluncurkan pada tahun 2003. Peningkatan berbagai tools dan pengadaan pada sistem operasi lainnya dilakukan sehingga bisa beroperasi di berbagai sistem. 

Adobe premiere Pro sangat cocok untuk para profesional ataupun amatir. Aplikasi ini bekerja dengan mengimpor video dari berbagai sumber seperti kaset video ke hard drive. Kemudian snagat memungkinkna bagi kamu untuk melakukan pengeditan dan dapat diekspor kembali dengan versi yang lebih baik. 

Keunggulan Fitur Adobe Premiere Pro

Menjadi salah satu aplikasi yang populer dikalangan editor, tentunya Adobe Premiere Pro mempunyai berbagai keunggulan:

  • Fitur ‘camcorder’ yang bisa merekam video dan audio.
  • Adegan dapat dipilih untuk disertakan dalam pengeditan. Kamu juga dapat memindahkan frame untuk dapat menampilkan video secara tepat saat pengeditan.
  • Dapat memuat hingga 90 trek video terpisah yang dapat digabungkan untuk membuat gambar tunggal.
  • Dapat menambahkan dan mengedit soundtrack ke project yang sedang dikerjakan.
  • Memunkinkan pengguna untuk membuat jdul, menambahkan gambar diam, serta grafik yang dapat dianimasikan di dalam project yang tengah dikerjakan.
  • Dilengkapi dengan sekitar 73 transisi video dan dapat digunakna pada trek video apapun.
  • Pengguna dapat melakukan penyesuaian warna menggunakan color corrector tingkat lanjut.
  •  Terdapat tools audio yang akan membantu pengguna untuk melakukan audio mixing baik itu mono ataupun stereo.
  • Saat pengeditan pengguna juga dapat membuat efek gerakan untuk logo ataupun grafis yang akan ditampilkan. 
  • Waktu rendering yang tidak terlalu lama, sehingga pengguna dapat melihat hasil akhir editan secara real time.
  • Memungkinkna pengguna untuk mengekdpor film dengan aman untuk World Wide Web di Windows Media, QuickTime, RealMedia, dan berbagai format lainnya. 
  • Tools yang ada di Adobe Photoshop terintegrasi sempurna dengan berbagai plugin pihak ketiga dan tools pascaproduksi lainnya, ini akan memudahkan aksesibilitas pengguna. 

Aplikasi pengeditan ini dapat digunakan untuk melakukan semua hal yang perlu dilakukan pengguna agar menghasilkan video yang berkualitas. Pengguna bisa menggunakan nya mulai dari mengimpor video, audio, hingg grafik. Setelah proses pengeditan pengguna juga dapat mengekspor video dalam berbagai format. 

Dengan Adobe Premiere Pro kamu bisa membuat video profesional seperti:

  1. Editor klip
  2. Koreksi warna
  3. Program audio
  4. Kebutuhan grafik dan logo yang bisa dianimasikan

Apakah Adobe Premiere Pro Mudah untuk Pemula?

Kurang tepat bila menyandingkan kata ‘sulit bagi pemula’ untuk menjawab pertanyaan di atas. PAsalnya,a keterampilan dasar untuk bisa melakukan editing di Adobe Premiere Pro dapat dipelajari dengan mudah.

Adobe Premiere Pro juga bisa dikategorikan lebih sederhana karena terintegrasi dengan Adobe lainnya. Hal ini membuat proses pengeditan menjadi lebih mudah. Terlebih bila pengguna juga menguasai Adobe After Effects atau Adobe Photoshop.

Dibandingkan software editing video lainnya seperti iMovie atau Movie Maker, Adobe Premiere Pro memang jauh berbeda. Premiere Pro cenderung lebih fleksiber dan memungkonkna pengguna melakukan pengeditan yanglebih profesionala seperti untuk cara televisi atau bahkan film layar lebar.

Belajar Adobe Premiere Pro

Ada banyak video gratis dan artikel yang bisa kamu akses untuk bisa mempelajari Adobe Premiere Pro. Untuk kau yang lebih suka belajar didampingi seseorang yang profesional tak perlu khawatir juga, sebab banyak institusi ataupun kursus online yang akan menyediakan fasilitas belajar ini.

Pixel Ninja by Kuncie bisa kamu jadikan opsi pertamamu! Disini, tersedia berbagai kelas desain mulai dari Photoshop hingga Premiere Pro. Kamu tinggal pilih sesuai minat!

Selama terkoneksi internet, kamu bisa mengakses semua video pembelajaran. Tentunya setiap kelas dibarengi dengan praktik. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan mentor melalui grup Telegram yang sudah disediakan. Masih ragu untuk memulai langkahmu? Ayo, mulai dari sekarang dan cek kelasnya di sini!