fbpx

Jika ingin belajar desain grafis pastinya kamu punya pertanyaan ini: ‘software apa yang harus digunakan? Begitu banyak aplikasi desain populer dan tentunya kamu bisa saja bingung pilih yang mana. Kamu bisa simak berbagai aplikasi desain terbaik di sini!

Tapi, kalau kamu bingung harus pakai aplikasi Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, kamu harus simak artikel ini hingga selesai. Dua aplikasi ini sama-sama populer di dunia desain. Namun, kegunaannya cukup berbeda, lho. Ini penjelasan lengkap mengenai Adobe Illustrator.

Apa Itu Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator adalah aplikasi perangkat lunak yang cukup populer yang digunakan  oleh desainer grafis untuk membuat grafik vektor. Adobe merilis versi pertama Illustrator pada tahun 1987. Kala itu, aplikasi tersebut sudah melalui banyak iterasi dan akhirnya memantapkan diri sebagai salah satu aplikasi pokok dalam dunia desain grafis.

Aplikasi ini menawarkan berbagai tools canggih yang bisa membuat ilustrasi berbasis vektor, ikon, tipografi, ligi, dan bentuk karya desain lainnya. Adobe Illustrator adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang termasuk ke dalam Adobe Creative Cloud. Aplikasi ini cukup populer di kalangan profesional, desain bisnis, dan bahkan dalam dunia seni.

Fitur Utama Adobe Illustrator

Cukup populer di kalangan desainer, tentunya aplikasi yang satu ini memiliki beberapa fitur unggulan. Simak di bagian ini untuk lebih lengkapnya!

  • Kemampuan menggambar dengan fitur freehand draw menggunakan berbagai digital brush, pencil, dan pen.
  • Opsi warna tingkat lanjut untuk membuat color palettes, mengisi bentuk, gradien warna, dan mencampurnya dengan berbagai efek warna.
  • Fitur  ‘layers’ yang memungkinkan kamu untuk memisahkan elemen-elemen desain dalam beberapa layer. Ini akan mempermudah dan membuatkan fokus mengedit suatu objek tanpa merubah editing pada layer lainnya.
  • Fitur ‘grid’ dengan titik jangkar dan tools ‘snipping’ yang akan memudah menyelaraskan bentuk dna garis dengan akurat.
  • Cloud libraries yang dapat kamu gunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan semua aset desain suatu proyek mulai dari color, brush, grafik, teks, dan character style, dalam satu tempat yang mudah diakses apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.
  • Fonts library dengan fitur ‘search’ yang memudahkan kamu menemukan jenis font yang sempurna untuk digunakan.
  • Beberapa tools untuk memudahkan membuat bentuk geometris dengan cepat. Dilengkapi dengan penyesuaian lekukan dan fitur manipulasi garis.

Adobe Illustrator menawarkan berbagai fitur lainnya yang memudahkan penggunanya mengolah berbagai kebutuhan desain. Fitur-fitur ini juga akan mempercepat pengguna untuk mengerjakan berbagai pekerjaan desain.

Kegunaan Adobe Illustrator

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan desain mulai dari logo, konten promosi, grafik, karya seni digital, bahakan situs web. Adobe Illustrator cukup populer untuk proyek desain grafis yang berkaitan dengan pemasaran, periklanan, hingga untuk mengolah karya seni digital secara digital dan professional.

Jika kamu perlu membuat desain dari nol dan tidak perlu mengedit gambar yang sudah ada, kamu bisa menggunakan Adobe Illustrator. Tools yang ditawarkan Illustrator lebih lengkap dan sehingga bisa meningkatkan hasil desain yang kamu buat.

Adobe Illustrator sangat cocok digunakan untuk mengolah desain seperti desain logo, desain merek atau brand, ilustrasi, dan desain tipografi.

Sedangkan Adobe Photoshop cocok digunakan bila kamu akan mengolah desain yang ada gambarnya. Aplikasi ini cocok untuk mengerjakan jenis desain seperti manipulasi foto, pengeditan foto, desain poster, kolase digital, dan desain iklan.

Perbedaan Antara Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop

Antara Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop yang paling membedakannya adala Illustrator merupakan perangkat lunak yang berbasis vektor sehingga lebih cocok digunakan untuk membuat desain logo yang dapat diskalakan.

Sedangkan Photoshop lebih cocok digunakan untuk pekerjaan yang menggunakan gambar dan mengedit desain yang sudah dibuat. Berikut perbedaan antara keduanya yang lebih rinci:

  • Adobe Illustrator memiliki layer dengan banyak objek, tidak seperti Photoshop yang setiap layer-nya hanya bisa berisi satu objek.
  • Di Adobe Illustrator kamu bisa menggunakan beberapa artboard dalam satu proyek sedangkan di Photoshop kamu hanya bisa menggunakan satu kanvas saja.
  • Adobe Illustrator merupakan software berbasis grafik vektor, sehingga memungkinkan kamu mengolah desain dengan lebih tajam dan jelas ketimbang Photoshop.
  • Di Photoshop kamu dapat menggunakan tools ‘area selection’, sedangkan di Illustrator kamu hanya memungkinkan untuk melakukan pemilihan objek.
Adobe PhotoshopAdobe Illustrator
Berbasis raster dan berbasis pixel untuk mengolah gambarBerbasi vektor sehingga dapat diandalkan untuk membuat hasil desian yang lebih halus.
Digunakan untuk editing foto, membuat mock ups, dan desain berbasis gambarDigunakan untuk mengerjakan ilustrasi, design logo, dan grafis vektor
Tidak bisa mengolah desain diluar kanvas atau workspaceBisa mengolah desain diluar kanvas atau workspace
Setiap layer hanya berisi satu objekSetiap layer bisa berisikan multi objek
Single artboard dalam setia projekMulti artboard dalam setiap projek

Itulah penjelasan mengenai Adobe Illustrator dan perbedaannya dengan Adobe Photoshop. Semoga bisa menjawab kebingungan kamu tentang hal tersebut. Namun sejatinya lebih baik atau tidaknya suatu aplikasi desain adalah tergantung pada jenis desain yang kamu kerjakan dan cocok atau tidak diolah menggunakan aplikasi tersebut.

Jika kamu ingin menemukan berbagai tips dalam dunia desain kamu bisa ikut berbagai kelas di Pixel Ninja by Kuncie! Kamu bisa belajar langsung dari Labib Ahmadin Na’il, seorang Ilustrator di Bukalapak  di kelas Vector Illustration with Various Styles in Adobe illustrator. Didampingin mentor professional, kamu pastinya bisa belajar lebih banyak!